Selasa, 10 April 2012

Standard Pelayanan Kesehatan di Aceh Singkil Terus Dikembangkan

Standard Pelayanan Kesehatan di Aceh Singkil Terus Dikembangkan.  Pengembangan ini terus dilakukan melalui pembekalan kepada pelayan kesehatan serta menghadirkan stakeholder yang berkompeten untuk bersama-sama melakukan pengembangan ini. Pembekalan ini diberikan melalui lokakarya kepada Pelayan Kesehatan di Kabupaten Aceh Singkil (3/4), yang diselenggarakan bersama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil bekerjasama dengan Kinerja-USAID.  Hal-hal yang dikembangkan yaitu Kebijakan Service Standar Pemahaman Standar Pelayanan, Pengetahuan akan Tantangan dan Peluang Implementasi Standar Pelayanan Kesehatan, serta Pemahaman Indikator Standar Pelayanan Minimum Kesehatan.
Perwakilan Kinerja-USAID Jakarta, Sunardi mengatakan bahwa untuk pengembangan layanan ini dimulai dari tiga pokok penting yang harus dilakukan yaitu: inovasi, insentif, dan replikasi. Selama lokakarya diberikan contoh Puskesmas Wonoasih yang sudah memiliki layanan yang baik dan sudah sesuai dengan standard pelayanan.  Dari Puskesmas tersebut dapat diadopsi praktek-praktek pelayanan yang baik. Seperti: senam hamil, pijat bayi masal, penataan kebersihan puskesmas, keramahan/kesopanan dalam layanan, database pasien, denah lokasi yang baik, tata kelola yang baik, standard operasional prosedur (SOP) dalam layanan, dan tenaga/petugas yang lengkap.
Selain itu, sistem manajemen Puskesmas juga dijadikan hal penting dalam pengembangan pelayanan kesehatan.  Demikian juga halnya dengan peningkatan sarana dan prasarana seperti  fasilitas penunjang yang mencakup loket, laboratorium, Rongten, USG 4 Dimensi, Pusling, Genset/Penerangan, Tempat Tunggu Pasien.  Dan juga fasilitas umum seperti parkir, taman & playground, serta mushola. (Eva Basaria/EBS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar